Notes From QATAR #3

Author: Muhammad Assad

image

Inspiratif, hal pertama yang saya ungkapkan setelah membaca buku ini.
Pedih memang melihat perjuangan, apalagi untuk belajar.
Beliau memberikan sebuah rumus untuk para pemuda yang mau mewujudkan mimpi-mimpinya, the formula is “dream + do = deliver
Maksud dari rumus yang beliau buat, seperti ini,
1. Harus punya mimpi (dream);
2. Berusaha mewujudkan (do); and
3. Oleh hasil terbaik dan dahsyat (deliver).
Setau saya, Allah pun menyuruh kita untuk bermimpi ko, ” …Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.. (QS Az-Zumar:  53)
But, kita pun harus ingat bahwa selain rumus 3D, kita harus menyisipkan do’a kepada pemilik tubuh, urusan, dunia, bahkan segalanya. “...Jika mereka bertanya tentang Aku. Katakanlah Aku dekat. Dan mengabulkan permohonan hamba-Ku (QS. Al-Baqarah: 186)
Selain itu, berhubung saya suka sekali travelling. Buku ini menceritakan everything about Qatar. Mulai dari kesejahteraan, tradition, pendidikan, pokonya banyak.
Yang jelas, Jangan pernah berhenti bermimpi selama itu dijalan Allah, maka Dia akan mempermudah.

Advertisements

Effect of Martensite Percentage to Hardness Properties (AISI 4140)

Last week, my team join a metallography contest. This competition held by Indonesian Student Society of Metallurgicals and Materials Engineering and this compt about metallography of AISI 4140 which assessed is good picture, right treatment, and good presentation. My team treated this metal with quenching agitation and normal quenching. Water as media. Agitation with mixed that water. My team want study about quench variation to hardness properties.

Reality, my team loose if compared with other team in picture. Just use nital as etch, while the others used picral or something reagents. So their picture have full colour mainly in grain boundries. But, the other team have low analysis and bad presentation. Otherwise, my team have a good analysis and good presentation. Why must I did a agitation? Because I want to explore percentage of martensite. What that effect to hardness properties? You can see this picture.Untitled-1Very happy because this big experience for us, the Juries said same with my statement. Extraordinary people not always win the champion, just need big impact in environment.

On the Job Training @Pertamina RUIV

Finally, kembali lagi saya menyentuh keyboard yang sudah berdebu ini.
Kali ini saya akan membagikan pengalaman terkait OJT disana. Ini akan sangat penting buat kalian yang akan melaksanakan OJT di perusahaan BUMN terutama di bidang migas.

Mula-mula, kalian harus menyesuaikan jadwal dari perusahaan tersebut. Jangan sampai waktu yang diinginkan tidak sesuai dengan perusahaan yang dituju. Bagaimana kita dapat memastikan hal tersebut?
Kontak perusahaan yang kalian dituju dan tanyakan, dari mulai waktu, prosedur, terutama fasilitas (ini yg paling dicari).

Untuk RUIV, lagkah simplenya seperti ini,
1. Kontak pcc@pertamina.com sebagai langkah awal untuk memastikan prosedur, waktu dan fasilitas;
2. Jika untuk RUIV kalian langsung diminta mengirimkan proposal tersebut dengan konten
– Isi proposal;
– Surat pengatar dari kampus;
– Scan transkip;
– Scan KTM.
3. Proposal ditujukan ke bagian HR,
4. Menunggu surat balasan.

Simple kan? cuma 4 langkah, step ke 4 itu yang paling lama. Saya sekitar 2-3 bulan.
Ketika kalian sudah mendapatkan surat balasan, biasanya berisi penerimaan atau penolakaan dan waktu pelaksanaan.
Divisi atau bagian yang kalian inginkan, itu diurus setelah kalian daftar ulang.
Jangan sampai kalian re-scheduling, karena itu membutuhkan waktu lama. Maka dari itu pastikan dari awal.

Saya OJT disana periode Juli-Agustus 2015, di bagian stationary engineer (biasa disebut Stat-Eng). Angkatan OJT saya berkisar 110an orang, dari berbagai kampus di Indonesia.

Memang naluri perantau, dari banyaknya orang yang OJT disana kami cepat akrab. Rekan yang terjauh itu dari UNSYIAH Aceh (Ihsan, Subhan). Kalau rekan di Stat-Eng itu ada Felina (Metalurgi-ITB), Rafly (Mesin UNS), Albar (Metalurgi ITSB), Ivan, Fariz, dan Rico (Rekan kampus).
Kami bisa mengadakan buka bersama, futsal bareng, pokoknya bisa bareng lah walapun terkadang ga full team.

Seputar Stat-Eng…
merupakan divisi yang melakukan Quality Assurance, karena dibawah bagian MPS (Maintenance, Planninng dan Support). Namun, hanya berfokus pada equipment yang tidak bergerak (tangki, pipa, dapur, dsb).

Buka Bersama Rekan OJT RUIV Juli-Agustus

Buka Bersama Rekan OJT RUIV Juli-Agustus

Rekan OJT dari ITS

Rekan OJT dari ITS

Rekan-rekan Stat-Eng

Rekan-rekan Stat-Eng

Saying Goodbye Dengan Rekan" Stat-Eng

Saying Goodbye Dengan Rekan” Stat-Eng

Inspeksi Tangki dari kiri: Rico, Felina, dan Saya

Inspeksi Tangki
dari kiri: Rico, Felina, dan Saya

My Project and Identity

My Project and Identity

Jomblo, Jodoh dan Muslim

Akhirnya mendapatkan sebuah semangat lagi dalam menulis, setelah sekian lama menghilang dari peredaran (hehe).

Di tahun terkahir perkuliahan, terkadang galau (bahasa anak muda). Permasalahan yang dihadapi variasi, mulai dari skripsi/tugas akhir, pekerjaan, planning hidup untuk lanjut studi atau kerja atau nikah dulu.

Membuka lembaran lama dari facebook kemarin. Terlihat salah satu teman, membuat sebuah picture mengenai jodoh. Begini isi dari picture itu

Saya Bangga Menjadi Jomblo, Karena Saya Muslim

Lucu melihat post tersebut, namun saya berfikir dan menelaah lebih dalam. Terkait kata jomblo, jodoh dan muslim. Begini, untuk permasalahan jomblo pun dia harus mencari jodoh (bila sudah tepat). Dan tidak bisa dibilang, hanya karena muslim maka saya jomblo.

Masalah Muslim harus jomblo, ya memang. Tapi, Jomblo belum tentu muslim lho~. Dan tenang bagi para muslim/ah permasalahan jodoh sudah diatur

“Hai Manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsan-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan maha Mengenal.”  [QS; Al-Hujuraat (49) :13]

Dan ingat juga kisah antara Zulaikha dengan Nabi Yusuf a.s.

Pada saat itu Zulaikha mengaharapkan cinta Nabi Yusuf a.s; namun Allah menjauhkan Nabi Yusuf terhadap Zulaikha. Dan ketika Zulaikha mengharapkan cinta Allah, maka Allah membuat Nabi Yusuf dekat dengan Zulaikha.

Jadi, kita Muslim emang harus Jomblo, dan jodoh pun sudah diatur serta kita tinggal memantaskan diri aja.

Gaya Hidup Mahasiswa

Sore itu dikelas Riset Operasional & Manajemen Produksi setelah membahas hasil ujian, Dosen saya mulai berceloteh terkait sistem dijurusan terutama yang dibuat oleh mahasiswanya (HIMA). Entah tiba-tiba beliau memanggil beberapa teman saya ke depan, dan layaknya model. Diperlihatkanlah style pakaian mereka didepan kelas.

Sayangnya tidak terfoto, nih tapi ada sedikit ilustrasi (sumber: google)

Ala Bengkel   II   Ala Mahasiswa  II  Ala Pengusaha

Ala Bengkel II Ala Mahasiswa II Ala Pengusaha

Nah saat teman saya maju dan memperagakan pakaiannya, barulah beliau menjelaskan. Begini kah tingkah laku Anda sekarang? Berbeda sekali Anda saat menjadi mahasiswa baru? Begini kah hasil dari proses kaderisasi?

Buat kalian yang bertanya “Apa tuh kaderisasi?”
Kaderisasi merupakan fase untuk membentuk karakter yang sesuai dengan dunia kampus. Diawal perkuliahan kami diajarkan terkait attitude, sopan santun, solid, dsb. Itulah parameter yang kami kejar. Disaat setelah kami lulus dari fase tersebut, nilai-nilai itu mulai ditinggalkan. Dalam benak saya, ada benar nya juga kenapa saya menjadi berubaha dan berbeda saat menjadi mahasiswa baru.

Menurut beliau,

gaya pakaian yang kalian pakai sekarang itu mencerminkan pribadi kalian, first impression jika orang lain melihatnya. Mereka langsung dapat menilai pribadi kalian.

Beliau sangat senang dengan pakaian gaya pengusaha, tapi beliau sangat miris melihat pakaian gaya tukang bengkel. Pakai sepatu di slop (diinjak belakangnya), celana bolong, potongan rambut ga sesuai, muka kusam, pakaian belum disetrika, wah serba kurang dah pokoknya. (kalo ilustrasi diatas masih bagus, hehe). Beliau berharap, jika kami belum bisa merubah cara berpakaian, sikap kita, tutur kata kita, jangan pernah mengader adik-adiknya. Karena apa yang dilihat adik-adik maba itu dapat dicontoh. Biasanya itu “Senior is Superior”, itu mindset yang sulit dihancurkan. Bahkan, saya pernah melihat bahwa ketika saya berpapasan dengan dosen lain dan terdapat adik maba berpapasan dengan saya. Apa yang bisa anda tebak? Adik maba itu malah menyapa saya dan tidak menyapa dosen tersebut.

Miris, dan itulah yang ditanyakan beliau. “Apa sistemnya yang salah? atau individu yang ada didalam sistem tersebut?”
Saya sebagai senior pun sulit untuk berargumen, memang penilaian personal dapat berakibat ke kelompok.

Lakukan hal yang wajar sebagai mahasiswa, dan dulang prestasi sebanyak-banyaknya, kembangkan idealis Anda. Ketika Anda sudah lulus, idealisme tersebut bisa saja hilang. Berpegang teruslah pada Al-Quran dan Hadits karena dari situlah ilmu kehidupan yang paling pas, baik pribadi Anda berbeda.

Ketan di Batu

Alun-Alun KWB (Kota Wisata Batu)

Alun-Alun KWB (Kota Wisata Batu)

Berawal dari ETS dijurusan gue yang udah selesai dari Kamis 02/04/2015 dan Jum’at libur. Maklum jomblo (emang pilihan) gue sekedar becanda ngasih isu makan di pos ketan, eh malah berangkat juga. Emang gokil.

Nih buat lu yang belum pernah merasakan makan ketan beraneka rasa. Gue kasih juga map nya, hehe

Terakhir kesini itu setahun yang lalu dan pas di bulan April. Serunya sih karena gue touring sama mereka, mana pada panik pas masuk tanjakkan batu, eh 2 motor bensinnya abis. haha. Alhamdulillah ada temen yang emang biasa ngadepin situasi gitu.
Batu itu dinginnya nusuk ke tulang, jangan aneh kesana kalo ga pake jaket, kaos kaki, boff, ataupun selempang itu semua biar lu ngerasa hangat dijalan.

Gue sampe tuh tempat jam 1.15 pagi, habis itu selesai dan segala macemnya, langsung cau lagi ke Surabaya. Ga cuma pos ketan kok tempat wisata di Batu, ada banyak. Recommended lah buat lu yang suka travelling. Tapi jangan berharap tuh pos ketan buka siang hari bro, makanya gue kesini dini hari. hehe

List Menu dan Harga

List Menu dan Harga

Map dari Malang ke KWB

Map dari Malang ke KWB

CUKUP MEMAHAMI

hadirnya seseorang ketika anda sedang dibawah, seperti
anda menemukan jawaban dari setiap masalah di tiap harinya

walaupun menjalani masalah itu dengan senyuman
tetap saja, ada hal buruk yang bisa terjadi

bukan niat yang salah
tapi caranya yang sedikit salah

jangan hanya diam bagi anda yang melihat hal itu salah
katakanlah

setelah anda menelusuri apa permasalahan tersebut
tapi anda juga belum bisa menyelesaikannya
anda harus memahaminya